Tutorial : Bunga Kain

Mengikuti jejak Mas Dani & Mamah Etty yang bikin postingan berseri di hari Senin, saya lagi-lagi latah mau buat postingan berseri juga setiap minggunya, tapi di Hari Kamis aja.. Soalnya kalo senin biasanya repot dan takutnya ngga sempat posting..
Bingung sih tadinya, mau buat apa.. Setelah mikir-mikir mau buat postingan apa, akhirnya saya coba buat “Crafty Thursday“. Isinya tutorial-tutorial kerajinan tangan sederhana aja sih, dan ga jauh-jauh dari Pita & Kain kayaknya.. 🙂

Tutorial perdana saya “Cara Membuat Bunga Kain”

Alat & bahan yang diperlukan:

Processed with VSCOcam with c1 preset

1. Pita satin lebar 5cm, ukuran & bahan bisa diganti sesuai kebutuhan.
2. Gunting
3. Penggaris/meteran
4. Jangka, atau sesuatu yang bisa dipakai untuk membuat lingkaran.
5. Jarum & Benang
6. Lem tembak
7. Korek Gas
8. Mutiara atau kancing (Apa saja, untuk mempercantik bunga).

Cara membuat:
1. Potong Pita sesuai kebutuhan, disini saya potong Pita sekitar 45cm. Perlahan bakar ujung-ujungnya, supaya pita ngga mbrodol (apa ya istilahnya.. Hahahaha)
2. Buat setengah Lingkaran pada Pita menggunakan Jangka sebanyak 5x. Ukuran disesuaikan dengan besar Pita.

Processed with VSCOcam with c1 preset

IMG_2006

3. Ambil benang & jarum, lalu jahit jelujur disepanjang garis lingkaran yang sudah dibuat.

Processed with VSCOcam with c1 preset

4. Setelah selesai, tarik pita sehingga membuat kerutan seperti ini.

Processed with VSCOcam with c1 preset

Processed with VSCOcam with c1 preset

5. Lalu sambungkan bagian ujung-ujungnya, jahit & Rapikan.

Processed with VSCOcam with c1 preset

Beri hiasan di tengahnya, kali ini saya pakai swarovski imitasi (ga jadi pakai mutiara, kekecilan.. Hahahaha).

IMG_2047

Processed with VSCOcam with c1 preset
Jadi deh… !

Bunga kain ini bisa dibuat jadi Hairclip, tinggal ditambahkan Aligator clip aja (lain kali saya buat tutorialnya juga ya). Atau dibuat Headband.. Tinggal dipasang di renda elastis seperti ini..

IMG_2049

Gampang banget kaan… Selamat mencoba.. 🙂

PS: Kalau males buat sendiri, bisa loh order di onlineshop saya *Jiyaaah.. Jualaan..*
Bisa cek di
Instagram: mommycraft
Facebook: mommycraft indah

22 thoughts on “Tutorial : Bunga Kain

  1. horeeee, senengnya ada tutorial ini, jadi pengen buat di rumah, makasih ya mumut udah gak pelit ilmu hihihi…neng oddy selalu cakep deh jadi modelnya mama

Leave a Reply to indahmumut Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s